Sabtu, 06 Desember 2014

Ketakutan

Hari ini adalah hari yang paling menakutkan bagi saya dimana kali pertama saya mendapatkan hukuman dari dosen favoritku yaitu dosen yang paling aku sayang .. ya Gus April namanya :-(
pada awalnya kelas sangat gaduh dimana antara gabungan 5 kelas dijadikan satu oleh dosenku tersayang itu yakni terdiri dari prodi perbandingan agama,ilmu hadist,akhlak tasawuf,ilmu al-Qur'an dan Tafsir serta prodiku sendiri Sosiologi Agama. kenapa lima prodi dijadikan satu? itu karna beliau adalah dosen tepatnya beliau itu adalah orang yang sangat sibuk, kenapa?? karna beliau sering keluar masuk kota-kota diseluruh indonesia , ibaratnya pagi makan di kota surabaya sorenya beliau makan di kota bogor,naaah seperti itulah sibuknya beliau,pasti kalian sudah paham sekali bagaimana orang sibuk seperti beliau saya sebagai murid nya sudah sangat memaklumi dan selalu sabar karna di nomerduakan oleh beliau.naah..oleh karena itu berhubung beliau orang yang sangat sibuk maka dari itu lima prodi dijadikan satu kelas guna mempermudah waktu beliau antara kesibukan beliau yg lain dan juga waktu dimana beliau harus mengajar lima kelas semester 1 dengan waktu yang sangat mepet ini beliau harus menyelesaikan materi yang harus ditempuh oleh lima prodi ini termasuk prodiku sendiri.

Aku mengira hari ini adalah hari terakhirku mendapat materi dari beliau di semester satu ini ternyata tidak." ooohhh senangnya hati ini" aku berkata didalam hati. bagaimana tidak aku merasakan senang yang tak terhingga karna beliau akan mengajar kelas sosiologi hingga semester yang lebih tinggi nanti.tetapi hari ini ada insiden yang membuatku merasakan takut yang amat dalam.
"tiba-tiba beliau berkata"ora tak absen kabeh kelas sosiologi agama"lalu tugas review kami sekelas dibuang ke lantai" aku ternganga melihat dan mendengar perkataan beliau itu.lalu aku segera memberi tau temanku kalau dosen marah sama kelas kita!!! kemudian temanku kaget dan merasa panik. sebenarnya apa yang terjadi??? apa yang membuat beliau marah ?? apa kesalahan kami?? kenapa beliau membuang tugas review yang telah kami buat dengan susah payah dan penuh pengorbanan dimana 125 halaman harus kami selesaikan dalam waktu tak kurang dari 10 jam beserta tugas review dari 125 hal.  dan juga harus memahami materi dari 125 hal tersebut, itu tentang sila-sila pancasila dimana sila pertama saja mencakup 125 hal. bagaimana kalau lima sila??coba banyangkan bisa satu buku kan ??

Ternyata beliau marah disebabkan karna pada saat beliau mengabsen nama-nama kami yaitu kelas sosiologi agama .banyak teman"ku yang setelah nama mereka diabsen mereka langsung meninggalkan kelas tanpa menunggu teman yang belum selesai di absen.dan bergerombol meninggalkan kelas dengan pede nya termasuk saya juga terlibat di dalamnya .lalu beliau marah dan membuang tugas yang telah kami kumpulkan. kami semua sekelas bingung dan panik sendiri" .bagaimana ini? kami berdebat? bagaimana solusi menyelesaikan ini semua? dosen sudah marah berat? teman" saling menyalahkan. sudah!! diam semua ,kita jangan saling menyalahkan kita semua itu salah sekarang bagaimana kita menyelesaiakan masalah ini, apakah kita harus meminta maaf kepada beliau? melalui perwakilan atau kita semua bareng-bareng meminta maaf kepada beliau.
temanku berpendapat sebaiknya kita meminta maaf secara bersama kita semua salah jadi kita akan menanggung semuanya bareng. kita adalah satu ,kita adalah kita, apabila satu bersalah semua harus menanggunya.kita tidak boleh mementingkan urusan pribadi semua juga punya kesibukan bukan hanya kita yang punya kesibukan dosen juga.

Setelah kami ramai berdebat,dosen meninggalkan kelas lalu disusul oleh ketua kelasku dimana dosen bilang beliau menyuruh ketua kelasku sebut saja latif namanya .dia menyuruh kami pindah kelas di G104 tepatnya .kita langsung berkumpul di kelas itu dengan wajah murung,sedih,pucat,merasa bersalah dan merasakan ketakutan yang amat dalam.ini kali pertama kami semua mendapatkan hukuman ini .kena marah oleh dosen hingga seperti ini. kemudian kami dikelas duduk termenung semua sambil menunggu dosenku yang marah tadi datang ke kelas. tak lama kemudian setelah beberapa menit dosen datang ke kelas dengan wajah penuh kemarahan dan kekecewaan terhadap mahasiswa nya kali ini :-( beliau memulai pembicaraan dengan bertanya kepada kami semua urut satu persatu dari pojok depan yakni tadi yang pertama adalah alif kemudian tiba giliranku beliau bertanya "kenapa mbak menurut sampeyan kok seperti itu??apa kesalahan kalian semua??kenapa saya marah??kenapa saya membuang tugas kalian?? sya menjawab"sebelumnya saya meminta maaf kepada bapak,mungkin bapak marah karna ketika bapak sedang mengabsen kami tidak menghargai bapak,kami langsung meninggalkan kelas,kami kurang ajar sama bapak,kami tidak sabaran ingin cepat" keluar kelas karna saya tau teman" mungkin sudah sangat capek semua pak.. kami semua meminta maaf sama bapak.kami berjanji tidak akan mengulangi kesalahan kami ini.ini sebagai pembelajaran kita semua.apakah bapak mau memberi toleransi bagi kami semua?? bagaimana bapak??

Beliau mengatakan"apa kalian tidak mempunyai etika dimana kedewasaan kalian ,anda semua ini mahasiswa,saya tau kalian semester pertama dan angkatan pertama dari prodi sosiologi tetapi setidaknya anda semua memiliki etika tidak seperti anak kecil,apa susahnya menunggu dua menit saja menunggu absen selesai ,saya sudah memberi keringanan saya sudah mengawalkan kelas kalian untuk absen kenapa kalian tidak sabaran kenapa kalian tiba-tiba pergi meninggalkan kelas tanpa berdosa .dimana etika nya dimana kedewasaanya,kalau sya minta ganti dosen untuk menggantikan saya,tidak masalah bagi sya ,akan sya pertanggung jawabkan ,itu saja sudah beres." salah satu teman menjawab"memang kami salah pak,kami mengakui kalau kami bersalah kami meminta maaf kepada bapak sekarang toleransi apa berikan untuk kami semua"beliau menjawab kalau kalian minta toleansi ada dua prasyarat :
1. Kalian harus mengulangi mata kuliah PKN untuk tahun depan dan di ajar oleh dosen lain.
2. Kalian akan mendapat tugas tambahan

Allhamdulillah..prasyarat kedua tidak terlalu berat buat kami. daripada kita semua harus mengulang mata kuliah untuk tahun depan.kami sempat syok dan kaget dan terkejut apakah benar kami harus mengulang untuk satu semester lagi tahun depan,,ooohh tidaaak "kataku didalam hati" kami semua memilih prasyarat kedua yaitu mendapat tugas tambahan. dimana tugas tambahan itu adalah mereview kembali mulai dari sila pertama hingga sila ke lima . what??? coba bayangkan sila pertama saja 125 hal apalagi kalu sampai sila ke 5 ,sudah pasti satu buku milik Gus April lah.hmmm
Man Shobarro dzofiroo" aku berkata didalam hati".mungkin ini adalah hukuman yang pantas kami dapatkan karna apa? karna kami telah melakukan kesalahan jadi kami harus mempertanggung jawabkanya sebagaimana mestinya.kami siap melaksanakan tugas apapun yang diberikan dosen kami ingin yang terbaik kami juga ingin hubungan kami dan dosen membaik seperti biasanya.kami ingin merubah kebiasaan buruk yg kami tanamkan sejak masa-masa SMA. sudah menjadi mahasiswa tidak sepantasnya kami bersikap seperti yang saya sebutkan di atas tadi.
jadi pesan moral yang bisa saya petik adalah dengan adanya kesabaran dan menghormati kepada yang lebih tua serta bersikap sopan patut kita laksanakan dimana adanya kejadian tadi mental ini sedikit tergoyah tapi sya menyikapinya dengan positif mungkin dengan bersikap begitu dosen ingin melatih mental bagaimana kita diperlakuakan seperti itu bagaimana kita menyelesaikan masalah yg telah kita perbuat dari kesalahan kita.kita di ajarkan untuk lebih dewasa dan sabaran dalam menunggu sesuatu yg sangat menjengkelkan.jadi sebaiknya kita semua harus intropeksi diri mengubah sikap yang jelek dan berbuat yang baik.tidak mengulangi kesalahan yang sama yang akan mengakibatkan kita jatuh ke lubang yang sama.

semangat untuk semua teman-temanku jadikalan ini pembelajaran dan pengalaman untuk kita memperbaiki diri supaya kita tidak meremehkan orang lain.dan sebelum kita menghargai orang lain mana mungkin orang lain akan mengahargai kita.ituu?? sudah saatnya kita memulai dari sekarang untuk merubah hidup ini diri ini.kalo nggk sekarang kapan lagi?kita harus lebih baik dari kemaren dari masa lalu kita belajar dari masa lalu yang sudah terjadi kita perbaiki untuk kedepanya.untuk masa depan yang lebih baik :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar