Selasa, 02 Desember 2014

Hidup Tanpa Penyesalan

"waktu adalah harta yang paling berharga. waktu adalah hidup dan kehidupan anda. Ia adalah masa kini dan masa depan anda. menyepelekan waktu berarti anda menyepelekan hidup  serta menelantarkan impian dan cita-cita anda".

  Ibrahim Elfiky



Perjalanan hidup kita di dunia ini sangat singkat, sekejap mata saja, perjalanan cepat melewati keabadian. Ketika dilahirkan dan tumbuh sebagai anak-anak, kita seperti pagi hari, masa muda bagaikan sore hari, masa tua seperti malam hari, dan ketika maut menjemput bagaikan tengah malam. kita tak mungkin hidup selamanya. tak ada yang tahu kapan ajal menjemput. jika menyimpan sesuatu dan meninggalkanya untuk besok, bisa jadi besok kita sudah tak ada untuk menikmatinya. jika kita tak melakukan apa yang bisa dilakukan hari ini, mungkin besok kita tak pernah bisa melakukanya. mungkin kita takkan pernah bisa berbagi dengan orang-orang yang kita cintai dengan cara seperti yang telah kita angankan.

Kabir, seorang penyair asal india, menuturkan, "kal kare so aaj;aaj kare soa abb," apapun yang kita rencanakan hari ini, lakukanlah hari ini. tak ada waktu yang lebih baik daripada saat ini__khususnya jika berkaitan dengan hak-hal yang sangat penting dalam hidup, seperti meluangkan waktu untuk keluarga dan teman dekat, serta untuk membangkitkan dan mengembangkan spiritualitas kita, juga beribadah dan berbuat baik kepada sesama.

Saya sendiri terbiasa menunda-nunda waktu untuk hidup. Saya terlalu asyik meningkatkan kualitas diri dan berjuang meningkatkan study ku sehingga saya tak punya cukup waktu dan kesabaran untuk orang-orang yang saya cintai. Ketika saya merenungkan waktu yang telah saya pergunakan untuk meraih apa yang saya impikan, saya menyadari, anak-anak sudah mulai tumbuh deewasa dan saya tidak bisa menikmati keindahan masa kanak-kanak mereka. Saya juga sadar bahwa apa pun yang saya ingin lakukan saat ini.Jadi, mengapa mesti ditunda  ???


Hidup untuk saat ini berarti hidup spontan dan seirama setiap harinya. Artinya, jangan melawan segala sesuatu disekitar kita. Terimalah apa adanya. Jangan terus-terusan mengharapkan sesuatu yang berbeda dan lebih baik. Pohon tak pernah melawan hembusan angin. Ia merunduk dan bergoyang ke manapun angin bertiup. Sama halnya, apabila kita menganggap berbagai tantangan hidup semata-mata sebagai kesulitan sementara, kita akan merasakan hidup ini lebih santai,lancar, dan menyenangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar